Youthful Social dari PPIA untuk Negeri

youthsocialSebuah program dinyatakan berhasil ketika tujuan yang hendak dicapai telah terpenuhi. Di tahun 2015, salah satu program pertukaran yang dikenal dengan nama Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia (PPIA) telah dilaksanakan dan berhasil menempah 18 pemuda Indonesia dan 18 pemuda Australia sesuai dengan tujuan awalnya, yakni membangun peopel to people contact yang mempererat hubungan pemuda, profesionalisme serta semangat melakukan gerakan pembangunan masyarakat atau community development.

 Jika kita analogikan efek positif dalam hal pembangunan masyarakat sebagai pewarna dan pemuda sebagai kain yang siap diwarnai, maka bisa kita katakan bahwa para peserta PPIA telah menjadi kain berwarna sekarang. Namun pada kenyataannya, para pemuda yang telah mengikuti program ini merasa bahwa pemuda lainnya wajib untuk diberi warna, merasakan dan ikut terlibat di dalam pembangunan masyarakat juga.

Guna memberi efek positif yang lebih luas lagi dalam hal pembangunan masyarakat, khususnya di bidang kepemudaan, dicetuskanlah ide untuk membangun sebuah jembatan bagi pemuda agar saling tehubung hingga ke depannya tercipta kegiatan pembangunan masyarakat yang diinisiasi oleh banyak pemuda.

Youthful.Social, sebuah online platform yang menghubungkan pemuda di seluruh Indonesia, Australia bahkan dunia, adalah ide yang dirasa mampu mewakili jembatan penghubung yang diharapkan mampu memberi perubahan berarti di masyarakat. Wadah ini tidak akan memberikan instruksi bagi pemuda untuk melakukan sebuah kegiatan, melainkan mendorong pemuda untuk saling berbagi informasi mengenai banyak hal, baik pendidikan, budaya dan bidang lainnya serta bertukar pemikiran mengenai solusi dan inovasi yang bisa dilakukan dalam hal ini di daerah atau komunitas masing-masing pemuda.

Berbagai rangkaian kegiatan di 13 provinsi di Indonesia akan diadakan sebagai gebrakan awal berjalannya online platform ini. Namun hal terpenting yang akan menjamin berhasilnya program ini bukanlah panitia atau pencetus kegiatan, melainkan pemuda peserta. Menjadi bagian dari Youthful.Social juga berarti memberikan warna pada kain yang memang siap untuk diwarnai. So, apakah kamu kain yang siap diwarnai?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *