“Rilis Resmi Aliansi BEM Seluruh Indonesia”

Ditangguhkannya penahanan Ardi-Ihsan, Perjuangan Menjemput Kemenangan

Jakarta (30/10) – Puji syukur, pada pukul 20.00 WIB dua pejuang mahasiswa yaitu Ardi Sutrisbi (IPB) dan Ihsan Munawwar (STEI SEBI) yang sejak tanggal 21 Oktober 2017 ditahan di Mapolda Metro Jaya telah dibebaskan dengan melalui mekanisme penangguhan penahanan.

Seperti yang diketahui, Ardi dan Ihsan serta 12 mahasiswa lainnya ditangkap oleh aparat kepolisian setelah Aksi Aliansi BEM SI “Tugu Rakyat” untuk Evaluasi 3 Tahun Jokowi-JK pada tanggal 20 Oktober 2017 lalu dibubarkan secara paksa. Ardi dan Ihsan ditahan di Mapolda Metro Jaya karena diduga melanggar tindak pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 160 KUHP perihal penghasutan dan Pasal 170 KUHP perihal pengerusakan fasilitas umum. Sedangkan 12 orang lainnya tidak ditahan dan diharuskan menjalani wajib lapor.

Meskipun telah keluar tahanan, Ardi dan Ihsan masih berstatus sebagai tersangka. Status yang sama juga terjadi pada Wildan Wahyu Nugroho (Korpus BEM SI/Presiden BEM UNS) dan Panji Laksono (Presiden BEM KM IPB) yang pada minggu (22/10) ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya atas tuduhan yang sama. Keempatnya masih perlu menjalani proses hukum yang berlaku karena status tersangkanya. Adapun dalam menjalani proses hukum ini, keempatnya didampingi oleh kuasa hukum dari LBH PAHAM Indonesia.

Keluarnya Ardi dan Ihsan memberikan kita semangat baru dalam jalan perjuangan pergerakan mahasiswa. Ardi dan Ihsan melihat bahwa penahanan ini merupakan harga yang harus dibayar dalam perjuangan mahasiswa. Mereka bersyukur hal ini dapat menjadi pembelajaran dalam gerakan mahasiswa untuk semakin teguh dalam berjuang meski dibungkam. Ardi dan Ihsan berpesan agar mahasiswa tak pernah berhenti berjuang. Perjuangan pergerakan mahasiswa Indonesia tak boleh padam karena represifitas dan pembungkaman. Perjuangan pergerakan mahasiswa akan terus ada sampai negeri ini menjemput tujuannya, yaitu keadilan yang hikiki terwujud di bumi pertiwi!

Mari kita lanjutkan semangat Tugu Rakyat dengan gelora perjuangan yang berlipat ganda!

Kemenangan awal sudah kita raih, mari menjemput kemenangan berikutnya!
Hidup Mahasiswa!
Hidup Rakyat Indonesia!

#Evaluasi3TahunJokowiJK
#SidangRakyat
#TuguRakyat
#SaveGerakanMahasiswa

CP :
M. S. Mujab
Ketua BEM UI/Jubir BEM SI
085747770456

Tertanda,
Addin Hanifa
Menko Bidang Eksternal BEM UNS Solo
085713700783
Pjs. Korpus BEM Seluruh Indonesia
——————————————-
Perjuangan ini tidak ada yang sia-sia selama kita masih terus dan masih bergerak

Panjang Umur Perjuangan