7 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Bisa Menjadi Mahasiswa Sukses

aktif di kampus

Sukses dan tidaknya seorang mahasiswa dalam dunia perkuliahan, biasanya hanya diukur dari sisi akademiknya dengan cara melihat jumlah IPK yang berhasil diraihnya. Namun, apa saja sih yang harus dipersiapkan oleh seorang mahasiswa untuk dapat meraih kesuksesan di usia muda?

di kutip dari artikel izwie.com setidaknya ada 7 hal yang harus di perhatikan seorang mahasiswa dalam menjalan perkuliahan. Terutama buat kamu-kamu yang masih berstatus mahasiswa baru.

1. Memahami Penjelasan Dosen

Memahami Penjelasan Dosen

Pastikan kamu menyiapkan alat tulis dan juga telingamu untuk mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan oleh dosen. Mungkin di antara kamu ada yang malas bahkan ngantuk dan tertidur saat mendengar penjelasan dosen, tapi ini penting lho. Dengan memperhatkan dosen, kamu dapat mengasah kepekaan dan daya tangkapmu menerima ilmu dan informasi. Juga, sangat berguna saat ada ujian lho. Kamu tidak perlu pusing belajar dengan Sistem Kebut Semalam (SKS) karena sudah memahami bab demi bab pembahasan materi kuliahmu. Saat bekerja nanti, kamu pun akan terbiasa mendengar instruksi dari atasan yang dapat membantu pekerjaanmu.

2. Aktif di Kelas

Aktif di Kelas

Kebanyakan mahasiswa berfikir bahwa jika ada mahasiswa yang bertanya, berarti ia bodoh. Padahal, tidak seperti demikian. Justru saat kamu bertanya, kamu sedang dalam proses memahami materi yang disampaikan dosenmu. Dosenmu juga tidak akan menganggapmu bodoh, namun akan memberikan poin lebih. Berusahalah menjadi seoranh mahasiswa yang aktif di kelas, bukannya caper (cari perhatian) ke dosen, tapi biasanya dosen selalu hafal dengan mahasiswa yang aktif bertanya.

3. Mengikuti Organisasi Kampus

Organisasi Kampus

Aktif di organisasi adalah salah satu hal wajib dilakukan oleh mahasiswa sukses. Karena, dengan mengikut organisasi, kamu akan memiliki nilai tambah dibandingkan dengan mahasiswa yang cenderung pasif. Jangan coba-coba jadi mahasiswa KUPU-KUPU (kuliah-pulang-kuliah-pulang). Dalam organisasi, kamu dapat mengasah kemampuanmu berbicara di depan umum, menyampaikan pendapat, diskusi, mengatasi masalah, serta membentuk karakter pribadimu. Keuntungan lainnya saat mengikuti organisasi adalah kamu akan dikenal banyak orang sebagai ‘aktivis kampus’ dan tentunya akan mendapat banyak teman!

 

4. Ikuti Seminar

Ikuti Seminar

Seminar dapat membuka wawasanmu, cara berpikirmu, serta memberikan masukan ilmu dan informasi baru yang tidak dapat kamu peroleh saat di ruang kuliah. Ikutilah seminar yang berkualitas, banyak kok yang menawarkan seminar gratis. Namun, kalau benar-benar bagus, tidak ada salahnya kamu mengeluarkan sedikit modal untuk mendapatkan ilmu yang luar biasa dan tentunya dapat kamu praktek-kan setelahnya.

5. Buka Buku dan Banyak-banyaklah Membaca!

Membaca

Hari gini baca buku? Pasti banyak anak muda yang bilang seperti itu hari ini. Namun sebenarnya, membaca buku merupakan salah satu hal wajib pula bagi mahasiswa sukses. Membaca berarti membuka jendela informasi yang dapat menghubungkan kita dengan dunia. Efek positif lain dari banyak membaca adalah kamu akan nyambung dengan siapa saja saat mengobrol dengan orang lain. Membaca bikin kamu selalu update!

6. Merangkul Teman Sebanyak-banyaknya

Merangkul Teman Sebanyak-banyaknya

Merangkul di sini artinya, kamu harus bisa berteman dengan siapa saja. Jangan sampai kamu merasa rugi saat nanti keluar dari Universitas namun tidak memiliki relasi dengan orang manapun bahkan teman sekampusmu sendiri! Jangan suka pilih-pilih teman, namun cobalah bersahabat dengan siapa saja. Semakin luas koneksimu, ini juga modal meraih kesuksesanmu di masa mendatang.

7. Berlatih Membuat CV & Interview

Berlatih Membuat CV & Interview

Saat lulus nanti, pastinya harapan terbesar adalah segera memiliki pekerjaan dengan mulus. So, apa yang harus kamu siapkan? Nah, cobalah membuat CV yang baik serta menarik bagi perusahaan. Selain itu, latihan interview juga akan sangat membantu. Ibarat mau berperang, tidak mungkin kita mengangkat senjata tepat saat berhadapan dengan musuh. Sehingga, harus dipersiapkan betul untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai denganmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *